Minggu, 10 Mei 2015

Keinginan dan Kebutuhan

Keinginan dan kebutuhan merupakan suatu hal yang berbeda. Apa yang dinginkan belum tentu dibutuhkan. Jika seseorang tidak punya pendirian dan prinsip serta komitmen maka yang terjadi adalah mereka akan ikut-ikutan. Kalau kata orang minang seperti pimpimg di lereng bukit.kemana angin bertiup pimping akan bergerak kesana.

Apa yang diinginkan kadang hanyalah nafsu belaka, ketika keinginanya sudah terkabul maka akan ada keinginan lain. Seperti sebuah lingkaran setan yang gak ada habisnya. Mengendalikan nafsu kadang memang sangat susah. Alangkah bijaknya jika setiap orang bisa menentukan apa yang mereka butuhkan bukan apa yang mereka inginkan.
Contoh sederhananya adalah saya sendiri. Sudah berapa kali saya ditanyain kenapa gak ganti handphone. Hp saya sudah ketinggalan jaman. Dari segi mode memang sudah ketinggalan jaman. Tapi ini semua sudah bisa memenuhi kebutuhan saya. Saya masih bisa bbm-an, whatsapp, line, buka youtube, browsing, instal aplikasi, posting di blog dll. Yang saya butuhkan sudah terpenuhi untuk apa saya beli hp yang baru. Semoga contoh sederhana ini bisa memberikan gambaran tentang perbedaan kebutuhan dan keinginan.

Batam 10 Mei 2015

Tidak ada komentar: