Minggu, 22 Juni 2014

KE SINGAPURA DARI BATAM

Singapura merupakan salah satu kota tujuan wisata favorit. bagi masyarakat indonesia yang ingin merasakan suasana kota metroplitan dengan budget yang terbatas disinilah tempatnya. Mungkin anda tidak percaya dengan 500rb rupiah anda sudah bisa ke singapur selama satu hari. banyak hal menarik yang akan anda temui disana dan memberikan cara pandang yang baru. Beberapa minggu yang lalu saya bersama dua orang teman baru saja mengunjungi negri singa ini. berikut saya akan menceritakan perjalanan kami.

pertama yang harus disiapkan adalah PASSPORT, kalau g ada ini, jangan harap bisa masuk singapur. karena saya tinggal di batam, akses ke singapur lebih mudah dibandingkan dengan daerah lain indonesia. Ada dua cara yang bisa di pilih untuk pergi ke singapur

1. ikut biro perjalanan
di batam sangat bnyak sekali biro perjalanan yang menawarkan jasa perjalanan ke berbagai negara seperti singapur, malaysia, thailand, bahkan korea juga ada. Iklannya selalu bisa di temukan di koran lokal setiap harinya. harga yang ditawarkan pun bermacam-macam. untuk perjalanan satu hari singapur harga yang ditawarkan mulai dari 499rb sampai 800rbuan juga ada. udah include semuanya (ya g termasuk oleh2), meliputi tiket+ tax PP, MRT dan makan 1x. kalau baru pertama kali ke singapua dan tidak ada guide, saya sarankan untuk ikut biro perjalanan.


2. backpacker 
cara kedua ini adalah cara yang pilih untuk ke singapur. dimana kita yang merencakan sendiri perjalanannya tanpa guide.  kami di singapur selama dua hari dan saya sendiri menghabiskan uang sebanyak SGD 150 atau sekitar 1.5 juta. sebelum berangkat persiapkan jangan lupa persiapkan stamina sebaik mungkin karena kalau mau menjelajahi singapura bagusnya dengan berjalan kaki. pakailah kostum yang sesuai, bagi ladies saya sarankan jangan pake sepatu hak tinggi. 
dari batam ke singapura dapat ditempuh dengan kapal. dimana tiketnya bisa dibeli di pusat perbelanjaan di kota batam. harganya bervariasi tergantung kapalnya. kemaren kami membeli tiket wavemaster seharga 30 dolar PP include sm tax. kami naik dari pelabuhan batam center, ini makan waktu sekitar satu jam ke singapur. 
hal pertama yang harus dilakukan di singapura adalah mencari peta dan memberi kartu MRT, stamina juga tentunya. untuk peta bisa di ambil secara gratis di vivo saat baru keluar dari pelabuhan. kartu MRT bisa di beli di setiap stasiun, harganya 12 dolar, 5 dolar untuk membeli kartunya dan sisanya 7 dolar. kartu ini bisa di gunakan untuk transportasi bus juga. jika saldonya habis, bisa dibeli di ATM dengan pembelian minimal 10 dolar atau kalau mau ngisi 5 dolar, bisa di sevel tapi kena cash 5 sen. di semua station MRT biasanya ada sevelnya. jangan lupa minta peta rute MRT dan Busnya. bermodalkan Peta singapura, dan peta MRT, mari kita jelajahi singapura. ada yang kelupaan, pake google map bisa juga, tapi pastikan bisa connect internet, bisa dengan mengandalkan wifi yang ada di Singapura atau dengan membeli kartu perdana disana.

bersambung...





Tidak ada komentar: