Kamis, 24 Maret 2011

SINDROM REYE

Sindrom Reye adalah penyakit yang sangat langka namun serius yang dapat mempengaruhi otak dan hati, terjadi paling sering pada anak-anak yang sembuh dari infeksi virus.

Dinamakan setelah ahli patologi Australia R. Douglas Reye, yaitu orang yang pertama kali melaporkan sebagai sindrom yang berbeda pada tahun 1963, sindrom Reye masih belum dipahami dengan baik. Penelitian telah menghubungkan penggunaan aspirin atau obat yang mengandung aspirin selama infeksi virus penyebab munculnya sindrom Reye.




Sindrom Reye terutama terjadi pada anak-anak antara 4 dan 14 tahun, dan terjadi paling sering ketika adanya epidemi penyakit infeksi virus, seperti selamamusim dingin atau mengikuti suatu wabah cacar air atau influenza B.


Jangka waktu bervariasi dengan tingkat keparahan penyakit, yang bisa berkisar mulai dari yang ringan, sampai yang menyebabkan kematian dalam beberapa jam. Meskipun beratnya bervariasi, sindrom Reye adalah kelainan yang berpotensi mengancam kehidupan yang harus diperlakukan sebagai darurat medis. Deteksi dini dan pengobatan sangat penting - kemungkinan untuk peningkatan pemulihan yang sukses ketika sindrom Reye ditangani lebih awal

TANDA DAN GEJALA

Tanda-tanda dan gejala sindrom Reye hampir selalu didahului oleh penyakit virus, seperti infeksi saluran pernafasan atas (pilek, flu, dll), penyakit diare, atau cacar air. Banyak kasus yang ringan dan bahkan mungkin tidak terdeteksi; lain mungkin parah, yang memerlukan perawatan agresif.

Sindrom Reye dapat terjadi dari 1 hari sampai 2 minggu setelah infeksi virus. Penyakit virus yang menyebabkan itu menular, tetapi sindrom itu sendiri tidak.

Gejala-gejala termasuk:

* muntah yang hebat
* lesu, ngantuk
* pada bayi, diare dan pernapasan cepat

Pada tahap selanjutnya, seorang anak mungkin menunjukkan perilaku irasional, kebingungan, kelemahan yang berat, kejang, dan kehilangan kesadaran. biasanya tidak disertai demam.

Sindrom Reye sekarang sangat langka: hanya sedikit kasus setahun dilaporkan di Amerika Serikat. Ini harus dipertimbangkan, namun, pada anak yang sering muntah atau perubahan status mental - terutama setelah penyakit virus yang pernah diderita sebelumnya.

PENCEGAHAN

Aspirin dan obat lain dari keluarga salisilat tidak boleh digunakan dalam pengobatan cacar air, influenza, dan penyakit virus lainnya.

Secara umum, aspirin sebaiknya tidak digunakan untuk anak-anak atau remaja kecuali atas saran dokter untuk kondisi tertentu.

PENGOBATAN


Anak-anak dengan sindrom Reye biasanya dirawat di rumah sakit, jika sakit parah, di unit perawatan intensif di rumah sakit (ICU).

Pengobatan mendukung karena tidak ada obat untuk penyakit. Tim perawatan klinis berfokus pada memastikan anak dengan sindrom Reye menjaga cairan yang tepat dan keseimbangan elektrolit, gizi, dan status kardiorespirasi. Kemungkinan pemulihan besar bila sistem ini adalah sebagai seimbang mungkin.

Ventilasi mekanik (mesin pernapasan atau respirator) mungkin diperlukan jika napas menjadi terlalu lamban. Tekanan intracranial (tekanan dari cairan di dalam otak) dan tekanan darah dapat dimonitor. Sejumlah kecil insulin bisa diberikan untuk meningkatkan metabolisme glukosa, kortikosteroid untuk mengurangi pembengkakan otak, dan diuretik untuk meningkatkan kehilangan cairan.

Prognosis untuk anak-anak dengan sindrom Reye sudah membaik. Sebelumnya diagnosis dan pengobatan yang lebih baik telah meningkatkan survival rate menjadi sekitar 80%. Sindrom dini terdeteksi, semakin baik kesempatan untuk bertahan hidup. Anak-anak yang maju ke tahap akhir sindrom tersebut dapat menderita kerusakan otak dan cacat.

Tidak ada komentar: