Rabu, 23 Maret 2011

KASUS ANEMIA

ANEMIA
Pasien wanita 50 tahun datang menemui dokter dan mengeluhkan lelah, sesak nafas, kaki dan pergelangan kakinya bengkak dan membran mukosanya pucat. Dari hasil pemeriksaan fisik terlihat bahwa kuku pasien berbentuk sendok. Setelah dilakukan pemeriksaan laboratorium diperoleh hasil sbb:
WBC 4x109 /L
RBC 3 x 109/L
Hb 7 g/dL
MVC 70 fL
Berdasarkan hasil pemeriksaan labor ini, dokter mendiagnosa pasien ini mengalami anemia difisiensi besi. Karena nilai MVC dan Hb nya yang rendah.
Pertanyaan:
1. Apakah yang dimaksud dengan anemia defisiensi besi
2. Apakah penyebab anemia defisiensi besi?
3. Apakah gejala anemia defisiensi besi?
4. Bagaimana penataksanaan pasien ini
5. Apa yang harus diinformasikan kepada pasien atau keluarga pasien?


Jawaban :

1. Anemia defisiensi besi adalah anemia yang disebabkan oleh berkurang sel darah merah karena komponen pembentuknya (besi ) juga berkurang.
2. Penyebabnya adalah: kehilangan darah dari saluran cerna atau urogenital, kebutuhan besi yang meningkat pada saat kehamilan juga bisa menyebabkan anemia ini, perempuan premenepouse, malabsorbsi akibat penyakit seliaka. Malbasorbsi karena kurangnya asupan, di daerah barat jarang terjadi.
3. Gejala: lelah, sesak nafas, kaki dan pergelangan kaki bengkak, membran mukosa pucat stomatitis angularis, glostisis, dan yang jarang terjadi koilonikia, kuku berbentuk sendok.
4. Berikan besi per oral untuk menggantikan dan memulihkan simpanan besi tubuh. Sebaiknya diberikan sampai MCV dan Hb mencapai nilai normal, kemudian dilanjutkan selama 3 bulan lagi untuk mencapai simpanan besi yang memadai. Untuk dosis pengobatan yang digunakan adalah 2-4 x 300 mg per hari dan untuk pencegahan 300 mg/hari.
5. Informasi kepada pasien: hindari pemakaian bersama obat gastritis, antibiotik tetrasiklin. Pada saat menggunakan obat hindari bersama makanan berikut ; Sereal, serat makanan, teh, kopi, telur dan susu akan menurunkan absorpsi

1 komentar:

Defin ariessa mulyani mengatakan...

hi...

kasus keren, berbagi lagi dengan kasus baru ya

http://definariessa.blogspot.com