Kamis, 24 Maret 2011

obat yang perlu dihindari pada neonatus

1. Peresepan tetrasiklin sangat tidak dianjurkan pada anak, oleh karena dapat merusak gigi dan mengganggu pertumbuhan tulang.
2. Penggunaan preparat kortikosteroid topikal secara rutin pada bayi dan anak hendaknya dihindari. Hal ini untuk mencegah terjadinya efek iritasi pada kulit dan gangguan pertumbuhan.
3. Pemberian antibiotika untuk diare akut pada anak sama sekali tidak beralasan. Anak yang diare memerlukan cairan bukan obat, dan oralit terbukti menurunkan mortalitas diare secara nyata.

4. Kloramfenikol di samping spektrumnya luas, harganya relatif murah. Namun demikian pemberian pada neonatus sejauh mungkin dihindari (risiko grey syndrome).
5. Obat-obat sulfonamida, termasuk kotrimoksazol, sangat tidak dianjurkan pada bayi baru lahir karena dapat menggeser bilirubin dari ikatannya dengan albumin, sehingga menyebabkan kern-ikterus.
6. Pemberian aspirin pada anak sebaiknya dihindari, di samping oleh karena efek iritasi lambung, juga dapat menyebabkan terjadinya sindroma Reye.
7. Obat-obat antimuntah selain tidak bermanfaat pada bayi dan anak, kemungkinan risiko efek sampingnya juga jauh labih besar. Untuk itu penggunaannya pada kelompok umur ini sangat tidak dianjurkan.

Tidak ada komentar: