Sabtu, 25 April 2015

SYUKUR

Kata syukur bukanlah kata serapan atau kata sukar. Saya percaya bahwa sebagian besar masyarakat Indonesia paham arti kata tersebut. Tapi itu tidak menjamin semua orang bisa memaknai kata tersebut dalm tindakan sehari harinya,Mungkin saya termasuk salah satunya.
Terkadang kita sebagai manusia kurang bersyukur dg apa yg kita punya. Banyak sekali
contohnya.berikut akan saya berikan beberpa contoh dari berbagai cara pandang
1. Syukur atas nikmat hidup.
Kita seharusnya bersyukur karena masih diberikan kesempatan untuk hidup, kesempatan untuk beribadah sebanyak mungkin, kesempatan untuk mempersiapkan diri menemui sang pencinpta dengan amal ibadah, kesempatan untuk memperbaiki segala kesalahan.
2. Syukur akan nikmat sehat.
Sehat  merupakan salah satu niknat yang sering kita lupakan. Nikmatnya sehat terasa ketika sakit sudah datang. Tapi kadang sakit yang kecil pun masih kurang menyadarkan kita betapa berharganya kesehatan. Bersyukurlah kita masih bisa melihat, mendengar, beraktivitas dengan normal. Coba liat saudara kita yang kurang beruntung, ada dari mereka yang tidak bisa melihat, mendengar, tidak bisa berjalan, harus di tempat tidur dan tidak bisa kemana2, harus minum obat dll. Belum lagi dari segi materinya, berapa uang yang harus dikeluarkan untuk pengobatan, waktu yang untuk bolak-balik RS, bayangkan keluarga yang harus menjaga mereka yang sakit, tidak bisa masuk kerja dan masih banyak hal lainnya. Sudah seharusnya kita bersyukur akan nikmat sehat yang diberi tuhan dengan menjaganya, dengan menyayangi diri sendiri dan memulai gaya hidup yang sehat. Contoh yang sederhana adalah perokok,  Kalau menurut saya orang yang merokok adalah orang yang tidak menghargai kesehatannya sendiri. sudah jelas merokok membahayakan kesehatan, tapi masih aja merokok, dan tidak hanya itu, efeknya bukan hanya untuk si perokok tapi orang disekitar ya juga. Ini sama saja artinya mereka (perokok) tidak mensyukuri nikmat sehat itu sendiri.
3. Bersyukur dengan alam yang diberi tuhan.
Indonesia adalah negara yang sangat indah, ini adalah hal yang tidak bisa di pungkiri. Tapi sayangnya masih sedikit orang yang mengharagainya. Saya berasal dari daerah yang sangat indah yaitu sumatra barat. Alamnya sangat indah, itu benar2 pemberian tuhan yang luar biasa yang tidak bisa disetarakan dengan buatan manusia. Ketika saya ke daerah lain di indonesia seperti bali,pulau jawa saya semakin kagum dengan negri ini,(itu msh sebagian kecil dr negri ini, masih banyak daerah lain yang belum saya kunjungi), bangga dilahirkan di tanah ya g seperti surga ini, ini benar2 sebuah pemberian tuhan yang harus di syukuri. Tapi sayangnya bangsa ini kurang mensyukurinya. Contoh sederhana, Masih banyak dari kita yang dengan tampa bersalah membuang sampah sembarangan. Mungkin ini adalah hal sepele tapi ini bisa berefek besar terhadap lingkungan. (jangan pernah menyepelekan masalah, sekecil apapun itu, karena jika dibiarkan ini akan menjadi besar). Kalau sampahnya adalah sampah organik dalam waktu yang tidak lama akan terdegradasi sendiri. Tapi bagaimana halnya dengan sampah plastik yang sampai puluhan tahun pun akan tetap seperti itu. Tanah ini akan jadi apa jika sudah dilapisi oleh plastik.I cant imagine.bisa di bayangkan jika 20 persen saja orang indonesia yang dengan tanpa bersalah membuang sampah sembarangan, alam yang indah ini akan menjadi tempat pembuangan sampah. Ini masih hal yang sederhana, belum lagi mereka yang menebang pohon sembarangan, merusak terumbu karang, membakar hutan dan masih banyak lagi perilaku manusia yang merusak alam tanpa berniat untuk memperbaharuinya. Jangan hanya memikirkan diri sendiri, pikirkan nasib anak cucu kita. Negri seperti apa yang akan kita wariskan untuk mereka.
Mari kita syukuri apa yang telah diberikan tuhan dengan menjaganya dan melestarikannya jangan hanya mengeksploitasinya.

Tidak ada komentar: