Kamis, 13 Desember 2012

ADHERENCE TO REGIMEN (KEPATUHAN MINUM OBAT)

Di luar negri ada beberapa istilah yang digunakan untuk menyatakan kepatuhan yaitu compliance, adherence dan concordance.
 Compliance adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan apakah seseorang minum obat sesuai dengan yang telah dianjurkan atau tidak. Concordance adalah pertukaran dua arah antara praktisi kesehatan dan pasien. Pasien berpartisipasi dalam konsultasi dan proses pengambilan keputusan. Pilihan dan keyakinan pasien diperhitungkan. Adherence terletak antara compliance
dan concordance. Praktisi kesehatan menerima apa yang diyakini pasien, pilihan dan pengetahuan sebelumnya yang mempengaruhi penggunaan obat dan berusaha untuk mengatasi ini. Intervensi untuk adherence sering dilakukan setelah penulisan resep dan pasien tidak bisa memberikan banyak pengaruh terhadap pilihan obat. Karenanya farmasis dan perawat cendrung memiliki peranan besar dalam memfasilitasi kepatuhan dibandingkan dokter.
pengertian adherence yang lain adalah sejauh mana pasien minum obat sesuai dengan yang telah dianjurkan praktisi kesehatan. Kebanyakan praktisi kesehatan lebih memilih kata adherence, karena compliance memberikan kesan bahwa pasien secara pasif mengikuti saran dokter dan rencana pengobatan tidakmelibatkan pasien.

Tidak ada komentar: