Minggu, 24 Mei 2009

kanker paru gara2 popcorn

KANKER PARU GARA2 MENGKONSUMSI POPCORN,,OH NO..
Bahan kimia yang digunakan untuk memberi rasa margarine pada berondong jagung atau popcorn dapat merusaka paru dan saluran pernapasan ketika dicobakan ke tikus, kata para pakar dari amerika serikat.
Percobaan menunjukkan bahwa diacetyl komponen dalam perasa margarine buatan , dapat mengakibatkan kondisi yang bernama lymphocytic bronchiolitis, tutur sebuah kelompok dari National Institute of Environmental Helath Sciences, bagian dari National Institute of Helath.
Kondisi dapat mengakibatkan
obliterative bronchiotis, atau paru2 popcorn, suatu penyakit yang langka dan melemahkan yang banyak didapatkan pada mereka yang bekerja di pabrik pengemasan popcorm microwave dan setidaknya satu konsumen.
Dua pabrikan penghasil popcorn microwave ConAgra Food dan Weaver Popcorn CoInc menyatakan akan berhaenti menggunakan diacetyl.
Tikus percobaan yang menghirup uap diacetil selama tiga bulan, akhirnya terbukti mengidap lymphocytic bronchiolitis, ungkap kelompok dari NIEHS.
“Ini adalah salah satu penelitian awal dari ynag meneliti kerusakan system pernapasan karena diacetyl di tingkat yang dapat mempengaruhi kesehatan manusia,” kata Daniel Morgan dari NIEHS anggota jkelompok yang memimpin penelitian tersebut.
Mengunkapkanpenelitian merekan dalam jurnal Toxicological sciences , para peneliti itu mengatakan dari temuan mereka tersingkap bahwa lingkungan kerja yang pekat dengan paparan diacetyl berpengaruh dalam pengembangan lymphocytic bronchiolitis.
Kondisi yang sulit disembuhkan ini menimbulkan gejala yang samara, seperti batuk dan kesulitan bernapas, dan gejala tersebut akan membrurk dengan bertahap. Menurut U.S. center for Disies Control and Prevention , kongres sedang mengusahakan rancangan perintah bagi Occupational Safety and Health Administration untuk segera mengambil langkah cepat dalam mengurangi paparan diacetyl . House of Representatives AS mengeluarkan perintah itu tahun lalu, namun senat AS tidak bergeming.
FDA sedang menyelidiki laporan seorang laki-laki yang akhirnya mengidap penyakit berbahaya setelah mengkonsumsi beberapa bungkus popcorn microwave rasa mentega setiap harinya.
(diambil dari majalah Health Today)

Tidak ada komentar: