Senin, 05 Juli 2010

generator radionuklida

prinsip generator: radionuklida (RN) dalam kedokteran digunakan untuk diagnosa dan terapi penyakit. RN diproduksi dalam siklotron atau reaktor.
RN dengan waktu paruh panjang dapat digunakan untuk institusi yang letaknya jauh dari pusat produksi sedangkan RN dengan T1/2 pendek tidak dapat dikirim ke t4 yang jauh karena dapat meluruh dengan cepat. RN dosis kecil dapat diberikan kepada pasien . Penggunaan RN waktu paruh pendek memudahkan pembangunan generator sebagai sumber yang baik untuk produksinya. generator dibangun atas prinsip hubungan laju peluruhan antara RN induk dengan T1/2 panjang dan RN anak dengan T1/2 pendek.


DI dalam generator RN induk dengan T1/2 panjnag meluruh menjadi nuklida anak dengan T1/2 lebih pendek dan akhirnya terpisah secara kimia. generator RN mudah dibawa dan disediakan sebagai sumber RN waktu paruh pendek di institusi yang berada jauh dari fasilitas siklotron/reaktor.



generator RN terdiri dari kaca/kolom plastik yang disusun dibagian dasar dengan "tritted disk" kolom diisi dengan material absorben seperti kation/resin penukara anak, alumina, dan zirkonium, dimana nuklida induk diserap. karena adanya perbedaan sifat kimia, pada pembentukan nuklida anak dielusi dengan pelarut didalam "carrier-free" dengan pelarut yan tepat, meninggalkan nuklida induk pada kolom.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

maaf boleh minta dafpusnya?