Minggu, 26 April 2015

RENDAH HATI


Rendah hati adalah sifat yang seharusnya dimiliki setiap insan. Rendah hati tidak sama halnya dengan rendah diri. Pepatah mengatakan bahwa "gunakan ilmu padi, semakin berisi semakin merunduk" artinya semakin tinggi ilmu, semakin rendah hati dan tidak menyombongkan diri. Kadang ada juga yang lupa dan khilaf dan menganggap dirinya adalah orang terpintar sehingga menganggap orang lain lebih rendah darinya. Perlu diingat bahwa tuhan menciptakan manusia dalam keadaan dan kondisi yang  berbeda-beda. Ada yang dilahirkan dengan kelebihan dan kekurangan. Maka janganlah mereka yang diberikan kelebihan menganggap remeh orang lain yang mungkin tidak seberuntung mereka. Ini adalah nasehat yang sering saya berikan kepada anak buah di tempat kerja, rata-rata mereka masih baru tamat kuliah, jadi masih labil. Mereka sering
  mencomooh temannya yang mereka nilai tidak cantik. saya selalu menasehati bahwa apakah dia yang biasanya di ketawakan itu meminta kepada tuhan dilahirkan seperti itu, jika setiap orang bisa memilih tentu mereka akan memilih dilahirkan dalam keadaan cantik dan ganteng. tapi itu semua adalah rahasia tuhan. jadi tidak seharusnya menghina orang lain karena penampilannya.

Ini adalah pengalaman pribadi saat saya bekerja di  rumah sakit. Saya adalah seorang apoteker yang bertugas untuk menjamin obat yang diberikan benar. Suatu ketika ada seorang dokter yang meresepkan obat dengan dosis yang boleh dikatakan sudah melebihi dosis toksiknya. Saya adalah orang yang menomor satukan keselamatan pasien. Setalah saya konfirmasi kedokternya, bahwa dosis yang diberikan terlalu besar, dia bilang seperti ini, "saya sudah biasa memberikan dosis segitu dan pasiennya tidak apa-apa" WHATT.....?
ya itulah jawaban dokternya...sekedar pengetahuan aja,yang namanya efek samping obat ada yang langsung ada yang tidak langsung. yang langsung misalnya batuk, BAK berwarna merah dan ada juga yang tidak langsung seperti gagal ginjal. saya gak mau juga membuat si dokter dalam kondisi yang sulit. terakhir saya minta seseorang yang dekat dengannya memberikan kertas yang berisi informasi tentang obat tersebut. apa yang terjadi, sekarang si dokter gak pernah lagi nulis resep obat tersebut, mungkin udah sadar kali ya, kalau dosis yang diberikannya sangat tinggi. 
Inilah salah satu contoh dimana kita harus selalu rendah hati, tidak ada manusia yang sempurna, dan jangan menganggap diri kita tau segalanya, kadang ego harus ditekan untuk kebaikan diri sendiri dan orang lain.

Tidak ada komentar: